Mencari Damai Sejahtera

Standar

Domba paskah adalah korban yang dipersembahkan untuk penebusan dosa dalam perjanjian lama. Kematian Yesus merupakan penggenapan penebusan dosa. Kita tidak lagi membutuhkan domba untuk dikorbankan bagi penebusan dosa kita karena Yesus telah mati di kayu salib untuk menebus dosa seluruh umat manusia.

Kematian Yesus adalah pendamaian antara umat manusia dengan Allah. Dosa yang menghalangi kita datang kepada Allah telah ditebus dengan darah Anak Domba.
Tapi kita perlu menjaga agar damai sejahtera itu tidak hilang dari kita.

Lukas 19:42-44
Kepada penduduk Yerusalem, Yesus menegur karena mereka tidak tahu apa yang mereka perlukan untuk dapat memiliki damai sejahtera.

Damai sejahtera dari Tuhan merupakan rahmat atas kasih karunia Tuhan dalam hidup manusia.

Apa saja yang membuat orang kehilangan damai sejahtera?
1. Kurang percaya
Roma  15:13 Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Orang Israel tidak mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat yang mereka nanti-natikan itu. Mereka menolak pemberitaan tentang Yesus sebagai Juruselamat. Dan itu berarti mereka pun menolak Yesus. Sehingga Yesus tidak bisa mengerjakan mujizat yan besar di kota itu.
Periksa hidup iman kita, mujizat tidak bisa terjadi dalam pribadi yang tidak percaya kepada Yesus secara total. Damai sejahtera akan sulit dialami dalam hati yang keras menolak mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

2. Hidup dalam kedagingan dan hawa nafsu
Korintus  14:33 Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera.

Perlu hidup dengan tertib untuk dapat mendatangkan damai sejahtera.
Tuhan suka atas sesuatu yang berjalan tertib dan tidak menyimpang dari garis yang telah ditetapkan Tuhan atas hidup anak-anak-Nya. Ada garis proteksi yang Tuhan buat untuk membatasi anak-anak-Nya agar tidak jatuh dalam dosa.

Melanggar garis proteksi Tuhan berarti kehilangan perlindungan Tuhan. Tidak akan ditemukan damia sejahtera di jalan yang tidak masuk dalam perlindungan Tuhan.

Hidup dalam hawa nafsu dan kedagingan membuat kita tidak bisa melihat rencana Allah dalam hidup kita.

Yakobus 4:1 Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu?

Jika pikiran, perasaan dan perbuatan yang  dikuasai oleh kepentingan dan kesenangan daging kita sendiri, maka jangan pernah berharap damai sejahtera akan menguasai hidup kita.

3. Kehilangan sukacita
I Tesalonika  5:16 Bersukacitalah senantiasa.

Hanya dengan menjaga sukacita dalam hati kita maka kita akan mampu memikul salib setiap hari. Tetap tinggal dalam sukacita jangan berhenti untuk terus bersukacita.

I Petrus  4:13 Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya.

Meski beban terasa berat, teruslah memilih untuk tinggal percaya kepada Tuhan dengan terus bersukacita.

Ketika kita kekuatiran hidup datang, saat itulah iblis mencuri sukacita dari hati kita. Pada saat itu kita tidak akan bisa merasakan damai sejahtera Allah dalam hidup kita.

Ketika masalah dan tekanan hidup begitu berat minta Roh Kudus untuk menghibur dan memberi kita kekuatan. Ketika pergaulan dan tuntutan hidup seakan mendorong kita untuk menjauhi proteksi Tuhan, minta Roh Kudus untuk menguatkan iman percaya kita dan memberi keberanian untuk menolak hawa nafsu yang hanya mendatangkan dosa.

Bilangan  6:26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Damai sejahtera dari Allah Bapa hanya akan kita dapatkan jika Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepada kita. Cari wajah Tuhan. Jangan menolaknya dan jangan biarkan Ia berpaling dari hidup kita.

Mari kita mau bersukacita karena Yesus telah mati untuk menebus dosa kita. Membuka belenggu dan ikatan dosa kita. Dan kita mau terus mempercayai bahwa Juruselamat itu telah datang dan menyelamatkan kita.

Selamat Paskah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s