PUT Your TARGET And PLAN

Standar

Ketika kita mau memulai mengerjakan sesuatu biasakan selalu menetapkan target terlebih dahulu.

Ketika bekerja di kantor, saya punya to-do-list pribadi. Rencana dan target saya tetapkan selama sebulan dan kemudian saya buat to-do-list seminggu. Dari list mingguan saya membuat to-do-list harian saya.

Itu sangat membantu saya ketika saya harus membagi waktu karena ada beberapa pekerjaan dari beberapa perusahaan yang saya kerjakan bersamaan.

Ketika saya tidak membuat target dan rencana, saya sangat kewalahan menentukan apa saja pekerjaan yang harus saya kerjakan lebih dulu sehingga pekerjaan saya jadi amburadul dan tidak efisien.

Daud ketika berhadapan dengan Goliat Raksasa itu, saya percaya dia sudah menentukan target dahi Goliat sebagai sasaran ketapelnya.

Daud tidak datang dengan sekarung batu dan mulai menembakan ketapelnya secara sembarangan. Sambil berharap salah satu batu akan mengenai Goliat dan membuat Goliat mati.

Tidak. Alkitab tidak mencatat seperti itu.
Hanya dengan sekali tembakan ketapel saja, batu itu kena tepat di dahi Goliat.

Daud menetapkan target yang tepat ketika maju mengalahkan Goliat. Daud menetapkan rencananya dengan matang sebelum dia maju ke medan perang.

1 Samuel 17 : 40 , Daud mengambil tongkat gembalanya dan 5 batu sungai yang licin dan ditaruh dalam kantong gembala yang selalu dia taruh di pinggangnya dan umban atau ketapelnya dipegang di tangannya.

Tongkat gembala berbicara tentang penyertaan Tuhan Gembala yang Baik itu pada Daud ketika dia maju ke medan perang.

Batu yang licin dipilih Daud dengan seksama, karena Daud tahu batu yang licin akan melesat lebih cepat daripada batu yang permukaannya kasar.

Dengan fisiknya yang dapat menjadi bulan-bulanan Goliat, Daud bukan tanpa alasan memilih ketapel sebagai senjatanya melawan Goliat.

Yang pertama tubuh kecil Daud membuat dia tidak nyaman bergerak jika harus menggunakan baju perang lengkap yang hanya membuatnya seperti robot mainan yang gampang di tangkap oleh Goliat.

Kedua, senjata dan pedang bukan alat yang biasa digunakan Daud sehari-hari. Karena Daud tidak pernah berlatih berperang.

Hanya pedang gembala yang biasa dibawa Daud ketika menggembalakan domba-dombanya, dan ketapel yang biasa dipakainya kalau-kalau ada serigala yang mau mengganggu kawanan dombanya.

Ayat 48, Daud berlari mendekati sasarannya menempatkan posisinya berada tepat di depan Goliat.

Sehingga membuat Daud bisa dengan jelas melihat targetnya, tanpa ada yang menghalanginya. Dan dapat dengan leluasa membidikkan ketapelnya di target yang paling tepat yang telah dia tentukan terlebih dahulu.

Karena bagian di bagian kepala Goliat yang tidak tertutup ketopong hanya ada bagian kecil saja, yaitu dahinya. Dahi itulah yang menjadi peluang bagi Daud untuk mengalahkan Goliat.

Facing the giant, itulah yang Daud lakukan.

Dengan sekali tembakan ketapel, batu licin itu melesat naik dengan cepat dan bersarang tepat di dahi Goliat.

Memasuki bulan kedua di tahun 2011, sudahkah Anda membuat target yang ingin dicapai dalam tahun ini?

Pencapaian seperti apa yang Anda inginkan? Hidup seperti apa yang Anda harapkan? Di level mana kehidupan iman percaya Anda berada? Karier seperti apa yang Anda idam-idamkan? Kehidupan rumah tangga seperti apa yang Anda ingin alami sepanjang tahun ini?

Buat target untuk hidup Anda tahun ini. Jangan pernah bangun setiap pagi tanpa target yang jelas, apa yang mau dibuat seharian.

Jangan lewati hidup di tahun 2011 ini tanpa punya target yang jelas. Dari target itu buatlah rencana yang matang untuk mencapai target Anda.

Jangan tinggalkan tongkat gembala penyertaan Tuhan, ketika Anda menyusun rencana dan ketika Anda mengeksekusi setiap rencana Anda.

Pilih peralatan yang paling pas dan sesuai untuk Anda. Jangan pakai baju orang lain yang tidak cocok untuk Anda.

Artinya, pakai apa yang telah Tuhan siapkan untuk Anda. Jangan lihat apa yang orang lain punya. Tapi lihat dan periksa potensi yang sudah Tuhan taruh dalam diri kita masing-masing.

Potensi telah Tuhan berikan bagi kita. Kita hanya perlu menggali dan mengidentifikasi potensi yang Tuhan sudah berikan kepada kita. Gunakan itu untuk mencapai target Anda.

Kemudian Facing the Giant, hadapi raksasa-raksasa dalam hidup Anda.

Dan alami kemenangan sepanjang tahun ini.

Puji Tuhan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s