He Is So Close

Standar

Mazmur 145 : 18 TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.
Pernah dengar lagu “DIA hanya sejauh doa…” ?

Tuhan begitu dekat dengan kita. Tuhan bisa dijangkau hanya dengan doa saja. Sedekat itukah? Ya, artinya ketika kita membutuhkan Tuhan kita bisa memanggil-Nya lewat seruan doa kita. Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya. Semakin sering kita memanggil Tuhan lewat seruan doa kita, maka semakin sering juga kita akan merasakan kehadiran-Nya.

Beberapa kali murid-murid Yesus tidak dapat mengetahui kehadiran Yesus diantara mereka. Padahal Yesus setiap saat berjalan bersama mereka dan mereka telah melihat banyak mujizat yang Yesus lakukan.

Ketika murid-murid Yesus sedang berjuang mendayung perahu waktu angin sakal meniup perahu mereka, Yesus mendatangi mereka dengan berjalan diatas air. Tapi murid-murid-Nya justru berpikir bahwa itu adalah hantu. Kurang percaya dari murid-murid Yesus membuat mereka gagal mengidentifikasi keberadaan Tuhannya.

Setelah Yesus bangkit, Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya dalam perjalanan ke Emaus. Tapi mereka tidak dapat mengenali Yesus. Lukas 24 mengatakan ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Tuhan. Ketakutan, kesendirian, merasa ditinggalkan, cemas, bimbang, kebingungan, kepanikan membuat mata iman mereka tidak bisa melihat keberadaan Tuhan Yesus, padahal Yesus berjalan dan ngobrol bersama mereka.

Ketika masalah datang, mata iman kita tidak mampu melihat keberadaan Yesus yang begitu dekat dengan kita. Padahal, Tuhan berjanji tidak akan pernah meninggalkan umat-Nya. Tuhan berjanji berjalan di depan umat-Nya dan menyertai umat-Nya.

Mengapa umat Tuhan gagal melihat keberadaan Tuhannya?
1. Dosa
Yeremia 5:25 Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu.
Umat Israel gagal melihat keberadaan Tuhan yang berjalan di depan mereka karena dosa dan kedegilan hati mereka kepada Tuhan. Mereka berbalik dari jalan-jalan dan ketetapan-ketetapan yang Tuhan buat bagi mereka, dan melakukan perkara-perkara yang dilarang Tuhan.

2. Kurang Percaya
Matius 14:31 Segera Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: “Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?” Murid-murid Yesus kurang percaya akan kemahakuasaan Tuhan. Meski berkali-kali melihat mujizat tidak membuat mereka memiliki iman yang cukup kepada Tuhan. Ketika mereka sendiri yang diperhadapkan pada masalah dan pencobaan, mereka meragukan kemampuan Tuhan untuk membuat mujizat atas hidup mereka.

Tuhan yang adalah setia tidak pernah mengingkari janji-Nya. Tapi umat Tuhan sendirilah yang sering menghalangi Tuhan untuk menepati janji-janji-Nya.

Yesaya 55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Dosa dan ketidakpercayaan kita itulah yang menghalangi Tuhan untuk dekat dengan kita. Saat apa Tuhan berkenan untuk kita temui? Ketika kita percaya sungguh kepada Tuhan dan ketika kita telah membereskan dosa-dosa dan pelanggaran kita di hadapan Tuhan.

Bangun hubungan yang intim dengan Tuhan. Rasakan kehadiran-Nya setiap saat, karena Dia begitu dekat dengan kita. Berdoalah, berserulah kepada-Nya dan Dia akan menjawab seruan doa kita karena Dia hanya sejauh doa saja.

Amin!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s