Pakaian Perang

Standar

Siapa tidak kenal Rambo. Seorang pejuang pembela kebenaran yang identik dengan senjata besar dan memakai amunisi sebagai kalungnya. Meskipun seorang diri saja, Rambo berani maju mengalahkan ratusan tentara yang mengepungnya. Dan setiap kali Rambo pergi, dia tidak pernah meninggalkan senjata-senjatanya. Dia pergi berperang lengkap beserta amunisinya.  Rambo sangat mahir menggunakan senjatanya. Saya yakin, Rambo pasti dilatih terlebih dahulu untuk bisa menggunakan senjatanya dengan mahir. Karena bisa kita bayangkan, jika dia ingin menggunakan granat tapi tidak tahu cara mencabut pemicunya atau jika dia terlalu lama memegang granat yang sudah ditarik pemicunya, bisa-bisa granat itu meledak di tangannya sendiri, kan?

Begitu juga dengan kita. Ketika kita siap pergi bertempur, kita tidak bisa pergi bertempur tanpa membawa perlengkapan tempur. Itu namanya bunuh diri!

Sebagai orang percaya, Tuhan telah menyiapkan pakaian tempur kita. Efesus 6 disebutkan ada ikat pinggang (sabuk) kebenaran, baju zirah keadilan, kasut (sepatu) kerelaan mengabarkan injil damai sejahtera, perisai iman, ketopong keselamatan, dan pedang Roh Firman Allah. Wuih, lengkap deh!

Cuma sayangnya, ada diantara kita yang tidak tahu bagaimana menggunakan perlengkapan tempur ini. Hal yang sangat fatal dapat terjadi jika seorang prajurit tidak ahli menggunakan peralatan perangnya. Senjata itu justru dapat berbalik melukai penggunanya, jika yang memakainya bukan seorang ahli senjata.

Tuhan sangat tahu kebutuhan umat-umatNya, karena perang kita tidak melawan darah dan daging, tapi melawan penguasa-penguasa di udara, melawan roh-roh jahat. Yang kita hadapi bukan musuh yang secara fisik dapat kita lihat.  Sebab itu, setiap umat Tuhan perlu diperlengkapi dengan perlengkapan rohani.

Tuhan menghendaki kita menjadi umatNya yang kuat. Bukan dengan kekuatan fisik kita, tapi menjadi kuat didalam kekuatan kuasa Tuhan.

Ada 2 hal yang Tuhan ajarkan pada kita, bertahan ketika serangan iblis datang dan kemudian melawan serta menyerang balik si iblis.
1.    Bertahan
Kita tidak pernah tahu kapan si iblis menyerang kita. Mungkin ketika kita sedang dalam persiapan ke gereja atau bahkan ketika kita sedang duduk di gereja si iblis menyerang pikiran kita dengan hal-hal kecil seperti pikiran kekuatiran. Atau tiba-tiba sukacita kita lenyap seketika waktu kita mendengar kabar yang kurang menyenangkan hati kita dan menjadi alasan untuk membiarkan kemarahan timbul di hati.

Tuhan tahu segala tipu muslihat iblis. Itu sebabnya, DIA meminta kita untuk selalu mengenakan  Pakaian Perang Rohani dengan lengkap. Lengkap! Tidak boleh ada yang tertinggal dan tidak dipakai. Hanya dengan menggunakan secara lengkap senjata Allah, maka kita bisa bertahan terhadap serangan mendadak si iblis.

Ingat, iblis berjalan mengaum-ngaum disekeliling kita, dan mencari siapa saja yang dapat diterkamnya. Sebab itu kita tidak boleh lengah dan harus terus waspada. Dengan terus menggunakan selengkap senjata Allah, maka kita dapat bertahan terhadap serangan iblis.

2.    Melawan
Tuhan menginginkan kita untuk memenangkan pertempuran melawan si iblis. Bagaimana kita bisa melawan si iblis dan bisa tetap berdiri dengan menang ketika perang itu selesai jika kita hanya mengandalkan kekuatan kita? Tuhan sangat tahu, manusia punya keterbatasan. Kita tidak mampu melawan tipu muslihat si iblis dengan akal dan kekuatan kita sendiri. Bayangkan saja iblis itu sudah hidup ribuan tahun. Jadi keahliannya untuk menipu, memanipulasi, mengintimidasi dan memporak-porandakan kehidupan manusia sangat luar biasa. Alkitab menyatakan bahwa iblis adalah bapa segala pendusta.

Hanya dengan cara mengambil dan menggunakan  seluruh perlengkapan senjata Allah itu untuk melawan dan menyerang balik si iblis. Dan untuk itu sekali lagi saya katakan, kita harus mengenal dengan baik setiap senjata yang kita miliki dan memiliki keahlian ketika menggunakannya.

Jika kepada Tuhan Yesus  saja yang Anak Allah, iblis berani untuk mencobainya di padang gurun, apalagi terhadap kita. Jika kita ingin dapat bertahan dan menang melawan iblis maka pakaian perangnya Allah perlu kita gunakan. Dengan lengkap!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s