Mengapa sulit Memahami Tuhan?

Standar

Kita tidak akan pernah tahu wajah sang angin. Apakah bulat, kotak, lonjong, atau persegi. Tapi kita dapat mengetahui keberadaan sang angin, ketika angin sepoi-sepoi bertiup perlahan membuat mata jadi terasa berat untuk tetap terbuka. Atau ketika angin ribut bergemuruh dan menerbangkan atap-atap rumah, membalikkan perahu-perahu nelayan, bahkan mencabut pohon-pohon besar beserta akar-akarnya.

Sering kali kita mempertanyakan wujud Tuhan dan mencari-Nya kemana-mana. Gelisah ketika Tuhan seakan-akan membisu. Panik ketika Tuhan seakan terlalu sibuk dan tidak bisa dijumpai. Protes ketika merasa Tuhan seakan cuek. Marah ketika Tuhan seakan berdiam diri saja. Putus asa dan merajuk ketika Tuhan berkata “wait“.

Padahal Tuhan seperti angin, yang tidak bisa dilihat wujudnya, tapi dapat dilihat hasil karya-Nya.

Sering menurut kita, Tuhan itu ada dan bekerja ketika secara supranatural penyakit kita disembuhkan-Nya. Atau ketika secara ajaib ada orang yang tidak dikenal memberi amplop berisi uang atau menyuguhkan sepiring nasi ayam.

Padahal, tidak jarang Tuhan menolong dan membela kita justru lewat penolakan-penolakan-Nya atas permintaan-permintaan kita yang “aneh” atau “tidak tepat” menurut-Nya.

Mazmur 92:6-7 6 Betapa besarnya pekerjaan-pekerjaan-Mu, ya TUHAN, dan sangat dalamnya rancangan-rancangan-Mu.
Orang bodoh tidak akan mengetahui, dan orang bebal tidak akan mengerti hal itu.

Kekurangan pengenalan akan Tuhan dan ketidakmengertian kita tentang cara Tuhan bekerja, membuat kita sulit memahami Tuhan.

Mazmur 139:17 Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!

Miliki hubungan yang intim dengan-Nya dan kita akan lebih mengenal DIA. Ketika kita mengenal DIA lebih dekat, akan lebih mudah bagi kita memahami cara kerja-Nya yang dahsyat dan ajaib.

One response »

  1. Mengapa ??? —–Karena kita ingin TUHAN hadir dalam hidup kita hanya utk KEPENTINGAN KITA semata-mata. @ Kita Tidak MELIHAT … KEPENTINGAN TUHAN … Yang menguntungkan diri kita utk menjadikan kita DEWASA dan Next Level kepada bagian yg… lebih baik dan berkwalitas.

    Apa yg TUHAN ijinkan terjadi utk kita Alami …. Tak akan Pernah Melebihi Kekuatan Kita.

    Sebab Segala sesuatu dari DIA oleh DIA dan kepada DIA .. bagi DIALAH kemuliaan Samapai selama-lamanya. – AMIN.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s