KEHABISAN ROTI?

Standar

Suatu ketika di  kota Betlehem mengalami kelaparan. Terjadi kesusahan yang luar biasa yang sangat menekan bangsa Israel. Di Betlehem yang berarti Rumah Roti, terjadi kehabisan roti. Tidak ada makanan lagi disana. Kelaparan itu dialami oleh Elimelekh dan keluarganya. Sebagai kepala rumah tangga yang merasa bertanggung jawab atas kehidupan seisi rumahnya, Elimelekh memutuskan untuk pindah dari Betlehem bersama istrinya Naomi dan anak-anaknya Mahlon dan Kilyon. Pergi dari Betlehem ke Moab. Moab artinya against, pemberontak-pemberontak.

Elimelekh memutuskan meninggalkan Rumah Roti untuk pergi ke tempat dimana penuh dengan dosa (pemberontak) hanya untuk mendapatkan makanan.  Elimelekh adalah orang yang tahu kebenaran firman Tuhan. Tapi justru memilih meninggalkan Tuhan ketika kesulitan datang menimpa hidupnya. Dan akhirnya Elimelekh mati di Moab.

Berbeda dengan Rut. Rut adalah wanita moab yang justru ingin ke Betlehem ke rumah roti itu. Meskipun Rut tahu, sebagai orang Moab dia mungkin ditolak di Israel. Tapi Rut tahu, hanya di rumah roti sajalah Rut bisa mempertahankan hidupnya. Dalam kondisi sudah tidak memiliki apa-apa lagi (karena suaminya sudah meninggal), Rut membuat sebuah pilihan tepat. Pergi ke Betlehem, ke rumah roti. Ketika Rut dalam kesulitan, Rut memilih untuk mengikut Tuhan (Rut 1:16).

Ketika kita mulai kehabisan “roti” dan kesulitan hidup mulai menekan kita, lakukan seperti apa yang Rut lakukan. Tinggalah di rumah roti. Karena di rumah roti ada pengharapan. Meski roti tidak ada di atas meja, tapi bau pembakaran roti masih tercium. Bau itulah yang membuat kita dapat terus berharap Si Pembuat roti menyajikan roti-roti baru di meja kita.

Janji Tuhan dalam Keluaran  23:25 Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.

Jika kita mau bertahan dalam kesulitan dan tinggal di dalam pengharapan kepada Tuhan serta terus beribadah kepada Tuhan,  maka ada janji roti dan air dari Tuhan yang akan kita dapatkan.
Immanuel!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s