KELEMAHLEMBUTAN

Standar

Kelemahlembutan adalah salah satu dari buah Roh (Galatia 5:22-23). Kelemahlembutan tidak sama dengan kelemahan. Orang yang lemah lembut tahu menguasai dirinya untuk mempertahankan sikap lembut ketika ada sesuatu terjadi disekitarnya yang tidak sesuai dengan kehendak hatinya dan tidak mudah marah serta menjadi kasar. Orang yang lemah lembut tahu memberi jawaban yang tidak membuat situasi semakin memanas.

Tapi orang yang lemah lembut bukan orang yang lemah. Orang yang lemah lembut tahu bersikap tegas jika menghadapi dosa. Orang yang lemah lembut tahu berkata tidak pada dosa. Orang yang lemah lembut punya kemampuan untuk marah terhadap dosa.
Wanita, sering dituntut lebih dalam hal kelemahlembutan. Karena secara genetik, wanita lebih memiliki karakter lembut dibanding pria.

Tapi sekali lagi, kelemahlembutan bukanlah sebuah kelemahan. Yesus Kristus adalah contoh pribadi yang lemah lembut.  Matius 11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Tapi ketika Yesus menemukan dosa terjadi di rumah ibadat, Yesus menjadi marah (Matius 21:12-13).  Yesus menunjukkan sebuah contoh kemarahan yang tepat, dengan porsi yang pas, di tempat yang tepat, dan untuk alasan yang tepat.

Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai kehendak dan harapan kita, lebih baik menahan diri sejenak untuk tidak meledak dan marah. Karena efek marah yang meledak-ledak hanyalah kehancuran. Jika kehancuran telah terjadi semakin sulit untuk memulihkan keadaan seperti semula.

Percayalah dalam setiap tantangan atau masalah yang terjadi dalam hidup kita, Tuhan tahu. Dan kemarahan kita hanya akan menghambat Tuhan bekerja atas masalah kita. Bekerja samalah dengan Tuhan, miliki karakter lemah lembut dan tidak memberontak terhadap proses yang sedang Tuhan kerjakan atas hidup kita.

Pahami senantiasa bahwa Tuhanlah yang mengontrol hidup kita. Dan segala sesuatu “will be undercontrol”.

Amsal  15:1 Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s